Blog

Rayakan Hari Raya Idul Fitri dengan Penuh Amalan dan Kebaikan

Setelah berpuasa selama sebulan, kedatangan Hari Raya Idul Fitri menjadi momen yang begitu  istimewa bagi umat Islam. Hari yang jatuh pada tanggal 1 Syawal ini menjadi momen untuk berkumpul kembali bersama keluarga. Oleh karena itu, kedatangannya begitu sangat dinanti-nanti. Dan hari istimewa yang begitu dinanti-nantikan ini sebentar lagi akan datang, yeay! Nah, udah sejauh mana nih persiapan kamu dalam menyambut hari kemenangan ini? hampers, THR, baju barunya udah aman belum? Udah dong ya pasti.

Meskipun momen Hari Raya ini begitu membahagiakan, tapi jangan hanya larut dalam kegembiraan saja ya. Ibadah di hari suci ini pun tetap harus dilaksanakan yaitu dengan melaksanakan Shalat Idul FItri. Oiya, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menambah kebaikan atau amalan saat pelaksanaan Shalat Idul Fitri loh.

  • Mandi dan berhias diri dengan memakai pakaian terbaik
    Ketika melaksanakan shalat, kita dianjurkan untuk berpenampilan rapi, yaitu dengan berhias, memakai pakaian yang bagus. Pakaian yang bagus itu nggak harus yang mahal dan baru ya, yang penting rapi dan bersih.
  • Makan sebelum shalat
    Makan sebelum shalat menunjukkan bahwa kita telah berhenti berpuasa dan siap menyambut Hari Raya. Mengonsumsi makanan sebelum melaksanakan Shalat Idul Fitri ini juga dilakukan oleh Rasulullah SAW. Jadi, kita sebaiknya mengikuti anjuran dari Rasulullah SAW.
  • Berjalan kaki ke tempat shalat
    Jika jarak rumah ke tempat diselenggarakannya shalat tidaklah jauh, kita disunnahkan untuk berjalan kaki saat menuju tempat shalat tersebut.
  • Berangkat dan pulang melewati jalan yang berbeda
    Ketika kita menggunakan jalan yang berbeda saat berangkat dan pulang maka kita akan meninggalkan jejak yang tidak hanya terekam di satu titik saja. Dan jejak berbeda yang kita lewati tersebut akan menjadi saksi bagi amalan yang kita laksanakan. Waw luar biasa bukan?
  • Mengumandangkan takbir
    Inilah satu hal yang tidak boleh terlewatkan saat menuju shalat Idul fitri yaitu mengumandangkan takbir. Daripada menggunakan waktu untuk bermain gadget atau ngobrolin hal yang kurang penting, lebih baik waktu yang kita punya kita gunakan untuk mengumandangkan takbir. Biar amalan yang kita peroleh lebih banyak.

Nah, itulah beberapa amalan dan kebaikan yang bisa kita lakukan di Hari Raya Idul Fitri. Rayakan Hari Raya Idul Fitri dengan penuh suka cita dan jangan lupa seimbangkan dengan amalan dan kebaikan ya. Setelah shalat idul fitri jangan lupa lanjutkan dengan silaturahim juga kawan. Bawa jas hujan Plevia di setiap perjalanan silaturahimmu juga ya, supaya kamu dapat melakukan perjalanan dengan tenang dan nyaman. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin kawan.

Write a comment