Blog

Asupan yang baik di musim hujan

Desember bertabur bahagia, hujan harus plevia! Bulan Desember tahun ini menjadi puncak musim hujan. Banyak yang bilang kalau hujan itu membawa keberkahan ya, semoga menjadi akhir yang baik untuk menyongsong tahun depan. Nah, karena perubahan musim yang cukup ekstrim, kita harus aware dengan kesehatan tubuh ya. Karena biasanya imunitas menjadi menurun di musim hujan. Bukan hanya kesiapan atribut pelindung dari hujan, melainkan juga asupan nutrisi yang tepat untuk menjaga tubuh tetap prima. Yuk, lakukan segera tips berikut ini.

#1. Konsumsi buah-buahan

Mengonsumsi buah-buah secara rutin, khususnya buah yang kaya akan vitamin C seperti apel, mangga, dan jeruk, memberikan daya tahan yang cukup baik bagi tubuh. Hindari konsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air sepeti melon dan semangka, karena memapu mendorong ruam-ruam pada tubuh.


#2. Tingkatan imunitas tubuh

Selain buah-buahan, sumber makanan yang sangat baik bagi peningkatan daya tahan tubuh adalah bawang putih. Tambahkan bawang putih ke dalam aneka masakan yang Anda konsumsi, seperti sup, tumis, dan sebagainya.


#3. Makan Makaan pahit untuk hindari infeksi

Berbagai infeksi bisa terjadi pada tubuh selama musim hujan, baik yang datang dari kondisi lembab, banjir, dan sebagainya. Infeksi sendiri umumnya merupakan gejala awal dari datangnya sebuah penyakit. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mencegahnya sejak dini, khudusnya di musim hujan. Sumber makanan yang sangat tepat untuk hal ini adalah yang bercita rasa pahit dan getir, seperti pare, melinjo, dan kunyit.


#4. Makanan pedas untuk kulit sehat

Terkadang ada beberapa orang yang mengalami kulit alergi saat musim hujan. Untuk mencegahnya, disarankan untuk mengonsumsi makanan pedas guna meningkatkan suhu tubuh dan menstimulasi kelancaran peredaran darah. Dengan suhu tubuh yang stabil serta peredaean darah yang lancar, maka kulit pun akan terhindar dari iritasi.


#5. Makan sayuran kukus

Hindari konsumsi sayuran mentah selama musim hujan, dan ganti dengan konsumsi sayuran yang dikukus. Sayuran yang dikukus memiliki kemungkinan jumlah bakteri aktif yang sedikit dibandingkan sayuran mentah. Selain itu, sayuran kukus juga mampu membunuh virus yang mudah berkembang di musim hujan.


#6. Minum jus buah asli

Jus buah asli, apalagi yang diberi sedikit garam, mampu melindungi tubuh dari serangan penyakit batuk dan pilek yang umum terjadi saat musim hujan. Hindari penambahan gula dalam kondisi ini.


#7. Perbanyak minum teh herbal

Teh herbal, seperti teh dengan kandungan madu, mint, dan jahe, mampu menjaga tubuh dari dehidrasi. Meskipun hujan identik dengan kondisi berair, namun kelembababan tinggi yang ditimbulkannya ternyata mampu menekan cairan tubuh hingga ke posisi yang mengkhawatrkan. Kekurangan cairan tubuh akan berefek pada penurunan daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, konsumsi aneka teh herbal, dengan bahan-bahan herbal alami di dalamnya, bantu tubuh menjaga kondisi cairah tubuh terbaiknya.

Jaga asupan tubuhmu di musim hujan ini ya! Hujan harus Plevia! πŸ™‚

Write a comment